Pemerintah Desa Wonopringgo didaulat mewakili Kabupaten Pekalongan untuk mengikuti Presentasi Uji Publik Keterbukaan Informasi Pemerintah Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Keterbukaan Informasi Publik ala Desa Wonopringgo ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Pemdes Wonopringgo. Dengan menonjolkan keunikan melalui bidang IT, keterbukaan informasi publik dapat diakses secara langsung oleh masyarakat.

Dengan dipilihnya Pemdes Wonopringgo untuk mewakili Kab. Pekalongan, ini merupakan prestasi tersendiri bagi Pemdes Wonopringgo yang baru mengikuti ajang tersebut untuk pertamakalinya. Pasalnya, Pemdes Wonopringgo merupakan salah satu desa di Provinsi Jawa Tengah yang berhasil lolos bersama 50 pemerintah desa lainnya dari total sejumlah 7809 desa yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Setelah sebelumnya mengisi kuesioner yang telah disediakan oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah. Dari penilaian berdasarkan kuesioner tersebut, Pemdes Wonopringgo mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi uji publik langsung di hadapan para dewan juri.

Keterbukaan Informasi Publik ala Desa Wonopringgo

Acara presentasi dibuka langsung oleh Kepala Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum, SH mewakili Sekda Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah, Pemdes Wonopringgo menjadi satu-satunya wakil dari Kabupaten Pekalongan yang turut serta dalam ajang tersebut.

Dalam presentasi uji publik tersebut, dilakukan penilaian terhadap tata kelola informasi pemerintah desa. Diantaranya adalah tentang pemahaman regulasi, praktek keterbukaan informasi publik, inovasi dan kebijakan atau program pemerintah desa yang mendukung keterbukaan pengelolaan pemerintahan desa. Presentasi uji publik ini merupakan salah satu tahap penilaian untuk diambil 10 besar desa terbaik se-provinsi Jawa Tengah.

Keterbukaan Informasi Publik ala Desa Wonopringgo merupakan suatu gagasan yang brilian. Diawali saat masa kepemimpinan Slamet Haryanto sebagai Kepala Desa Wonopringgo ke enam. Gagasan tersebut rupanya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengetahui sejauh mana perkembangan Desa Wonopringgo selama masa pemerintahan berlangsung.

Wonopringgo Maju,
Wonopringgo Bersatu,
Wonopringgo MANTap!,
Wonopringgo Maju, Bersatu, MANTap!

Salam MANTap!
“Menuju Wonopringgo MANTap! (Mandiri, Aman, Nyaman dan Terampil)”

Bagikan Berita
%d blogger menyukai ini: