Banyaknya berita palsu atau yang biasa disebut hoaks belakangan ini, semakin hari semakin meresahkan. Berita bohong tersebut dapat membentuk opini publik yang tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Parahnya, hingga bisa mengakibatkan kerusuhan. Oleh karena itu, untuk melawan hoaks, Karang Taruna Pringgodani Desa Wonopringgo mengadakan pelatihan jurnalistik. Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan Pemuda Desa Wonopringgo Siap Lawan Hoaks.

Pelatihan yang dilaksanakan di lantai atas Perpustakaan Desa (Perpusdes) Cerah Desa Wonopringgo tersebut menghadirkan pembicara dari Radar Pekalongan. Materi yang diberikan merupakan materi-materi dasar jurnalistik. Diharapkan kedepannya pemuda Desa Wonopringgo dapat membuat tulisan yang baik sesuai dengan kaedah penulisan yang benar.

Pelatihan jurnalistik ini diprakarsai oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Wonopringgo bersama dengan Karang Taruna Pringgodani Desa Wonopringgo. Tujuan diadakannya pelatihan ini selain dapat digunakan untuk melawan hoaks, harapannya akan ada banyak tulisan tentang Desa Wonopringgo. Sehingga dapat menjadi media yang berfungsi untuk mempromosikan dan mengenalkan lebih jauh lagi tentang Desa Wonopringgo ke khalayak luas.

Pemuda Desa Wonopringgo Siap Lawan Hoaks
Pemuda Desa Wonopringgo Siap Lawan Hoaks

Baik itu Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang ada di Desa Wonopringgo, Kegiatan di Desa Wonopringgo, Inovasi di Desa Wonopringgo bahkan hingga dapat menggali potensi lainnya yang belum terpoles di Desa Wonopringgo bisa berkembang dengan adanya publikasi melalui media milik desa tersebut. Kedepannya akan diadakan pelatihan-pelatihan serupa yang tidak hanya selesai setelah pelatihan berakhir saja. Namun, harus ada tindak lanjut dari pelatihan tersebut. Sehingga, uang rakyat yang digunakan sebagai anggaran pelatihan, tidak menguap dan sia-sia begitu saja dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Selanjutnya, setelah diadakan pelatihan jurnalistik ini, Desa Wonopringgo akan mulai menggarap media online desa baik berupa media sosial, youtube ataupun melalui website.

Baca: Diajari Jurnalistik, Karangtaruna Desa Wonopringgo akan Membuat Media Online Desa (Berita di Radar Pekalongan)

Wonopringgo Maju,
Wonopringgo Bersatu,
Wonopringgo MANTap!,
Wonopringgo Maju, Bersatu, MANTap!

Salam MANTap!
“Menuju Wonopringgo MANTap! (Mandiri, Aman, Nyaman dan Terampil)”

Bagikan Berita
%d blogger menyukai ini: