Sebar Benih IkanTILIK Wonopringgo, Bupati Asip sebar Benih Ikan di Sungai Stobal Desa Wonopringgo. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka “Penyebaran 20.000 Benih Ikan”. Kegiatan tersebut digagas oleh Paguyuban Pemuda Peduli Lingkungan dan didukung oleh Pemerintah Desa Wonopringgo serta seganap warga masyarakat Desa Wonopringgo. Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si. didapuk sebagai orang pertama yang menyebar benih ikan di Sungai Stobal pada hari itu. Lantas, apa maksud diadakannya acara tersebut?

“Yang saya banggakan kepada kelompok pemuda ini, mereka awalnya berswadaya, Bapak. Jadi, setiap anggota kontengan urunan sebesar tiga puluh ribu. Setelah terkumpul, mereka ada anggaran yang kurang”. Kata Slamet Haryanto, selaku Kepala Desa Wonopringgo dalam sambutannya pada acara yang dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Agustus 2020 tersebut.

Setelah sebelumnya dilakukan kegiatan Bersih Sungai yang digawangi oleh Paguyuban Pemuda Peduli Lingkungan (P3L) serta Babinsa Wonopringgo, ini adalah acara lanjutan dari kegiatan tersebut. Acara bersih sungai tidak hanya dilakukan sebagai upaya untuk membersihkan sungai dari sampah saja. Namun, ibarat kata “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”. Jadi, setelah Sungai Stobal ini dibersihkan, lalu dilakukan treatment khusus, agar aliran sungai ini dianggap layak digunakan untuk kegiatan budidaya ikan air tawar.

Baca Juga: Pemuda Desa dan Babinsa Sinergi Bersihkan Sungai

“Kebetulan, Peraturan Kementrian Desa (Kemendes) mengarah pada keinginan pemuda desa” Terang Kepala Desa Wonopringgo. “Gayung bersambut, Kemendes menyarankan melakukan perubahan anggaran, Peraturan Bupati (Perbup) juga mendukung dan atas instruksi dari Kepala Dinas PMD, bahwa ada dana cadangan satu persen yang boleh digunakan”. Jelas Kepala Desa Wonopringgo.

Sejalan Dengan Program Kemendes

Hal tersebut sejalan dengan program prioritas dari Kemendes yang mencakup Ketahanan Pangan, Desa Wisata dan Desa Digital. Sehingga kegiatan bersih sungai yang kemudian ditambah kegiatan lanjutan berupa penyebaran 20.000 benih ikan di Sungai Stobal akan bisa mencakup dua dari tiga program prioritas dari Kemendes tersebut. Yaitu pada program ketahanan pangan dan Desa Wisata. Sehingga, anggara yang dikeluarkan akan dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal. Karena, hanya dari satu pos anggaran saja, dapat digunakan untuk lebih dari satu manfaat sekaligus.

“Kalau di Bogor ada Mekarsari, orang beli metik buah di tanaman. Di Wonopringgo di saluran keramba ini kita konsep orang beli ikan nyerok dewe” Terang Kepala Desa Wonopringgo seraya menegaskan cikal bakal konsep Desa Wisata di Desa Wonopringgo kedepannya.

“Hari ini disebar dua puluh ribu, besok kulo nambahi sepuluhewu” Terang Bupati Asip dalam sambutannya yang kemudian disambut oleh gemuruh tepuk meriah dari seluruh masyarakat yang hadir pada acara tersebut. Ini merupakan bentuk dukungan dari Pemkab Pekalongan agar seluruh desa yang ada di Kabupaten Pekalongan dapat menggali potensinya. Sehingga diharapkan dengan bantuan tersebut, Desa Wonopringgo akan memiliki potensi wisata.

Baca Juga: Festival Jajan Tradisional dan Produk UMKM Desa Wonopringgo

Sebar 20.000 Benih Ikan

Setelah menyampaikan sambutannya, Bupati Asip didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan, Camat Wonopringgo dan Kepala Desa Wonopringgo langsung menuju dermaga mini yang barada di aliran Sungai Stobal untuk melakukan penyebaran benih ikan secara simbolis. Yang kemudian disambut oleh riuh tepuk tangan para hadirin yang hadir. Orang nomor satu di Kabupaten Pekalongan tersebut menjadi orang pertama yang menyebar benih ikan di Sungai Stobal pada hari itu.

“Ini adalah sumber daya alam yang dikelola dengan baik, sehingga nanti akan memberikan efek untuk kesejahteraan warga desa. Saya mendukung, dengan memberikan bantuan juga dan nanti akan menata sungai ini sehingga desa (Wonopringgo) punya potensi wisata” Terang Bupati Asip.

Kemudian, kegiatan tersebut diikuti oleh pengurus P3L serta segenap masyarakat yang hadir untuk melakukan tebar benih baik di aliran utama Sungai Stobal maupun di anak aliran Sungai Stobal yang akan dibuat keramba. Total 20.000 benih ikan disebar pada acara tersebut yang diperoleh dari dana swadaya masyarakat. Diharapkan, dalam waktu tiga bulan kedepan, benih yang disebar akan berkembang dan siap untuk dipanen.

Dokumentasi Lainnya:

1. TV Desa Wonopringgo

2. Youtube Desa Wonopringgo

3. Facebook Desa Wonopringgo

4. Instagram Desa Wonopringgo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebar Benih Ikan – TILIK Wonopringgo, Bupati Asip sebar Benih Ikan di Sungai Stobal Desa Wonopringgo. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka “Penyebaran 20.000 Benih Ikan”. Kegiatan tersebut digagas oleh Paguyuban Pemuda Peduli Lingkungan dan didukung oleh Pemerintah Desa Wonopringgo serta seganap warga masyarakat Desa Wonopringgo. Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si. didapuk sebagai orang pertama yang menyebar benih ikan di Sungai Stobal pada hari itu. Lantas, apa maksud diadakannya acara tersebut? Selengkapnya: wonopringgo.desa.id tv.desawonopringgo.com #SobatDesa #MulaiDariDesa #KemalaJateng #JatengGayeng #DesaMembangun @jokowi @halimiskandarnu @ganjar_pranowo @pekalonganinfo @pekalonganinfomusik @asipkholbihi_ @ppidkabpekalongan @dinkominfopekalongankab @beritapekalongan1 @infopekalongane @kab_pekalongan @pekalongandalamberita @warta.pekalongan @ditjenpdt @kemendespdtt @kominfo.jateng @pekalonganpost @pekalongan_change @beritapekalongan1

Sebuah kiriman dibagikan oleh #NewNormal Desa Wonopringgo (@desawonopringgo) pada

5. Twitter Desa Wonopringgo

6. Tiktok Desa Wonopringgo

@desawonopringgo

TILIK (2020) Desa Wonopringgo. Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, SH., M.Si. tebar 20.000 benih ikan di Sungai Stobal Desa Wonopringgo ##notforyoupage

♬ Stranger – CHUNNYT
Bagikan Berita
%d blogger menyukai ini: