Kerjasama BUMDes Pringgodani dengan BULOG – Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada hal menarik yang patut ditunggu dari pengembangan serta inovasi di Desa Wonopringgo. Walaupun sedang pada era pandemi seperti sekarang ini, Pemerintah Desa Wonopringgo melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pringgodani berhasil menjalin kerjasama dengan Badan Urusan Logistik (BULOG) yang merupakan sebuah BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Ini merupakan langkah yang cukup menarik karena adanya kolaborasi antara BUMN dengan BUMDes.

Kedepan, Desa Wonopringgo akan segera memiliki Mall Desa. Yang rencananya akan menjadi toko semi online pertama di wilayah Wonopringgo. Jadi, akan ada toko seperti pada umumnya yang berbentuk fisik serta akan ada toko dalam bentuk digital seperti halnya market place atau e-commerce. Nantinya, para pelanggan dapat melakukan transaksi super mudah hanya dengan menggunakan smartphone saja dan juga dapat pula bertransaksi secara offline. Kelebihan dari Mall Desa ini adalah jika pelanggan ingin melihat contoh barang yang akan dibeli, bisa langsung mengunjungi Mall Desa. Tetapi, transaksi akan dapat dilakukan secara online. Harapannya, dengan demikian akan menjangkau lebih banyak pangsa pasar. Juga akan meningkatkan transaksi secara online di wilayah Desa Wonopringgo.

Salah satu suplier yang akan mengisi etalase di Mall Desa adalah BULOG. Hal tersebut merupakan suatu langkah yang cukup membanggakan. Karena, BUMDes yang belum genap berusia 5 tahun tersebut sudah bisa menggandeng suplier sekelas BUMN yang tentu kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi. Sehingga kedepannya, BUMDes akan menyediakan kebutuhan pokok dengan biaya murah karena langsung bersumber dari pabriknya.

Baca Juga: Laporan Keuangan BUMDes
Baca Juga: Kunjungan ASN Aceh ke BUMDes Wonopringgo
Baca Juga: Bertransaksi Sekaligus Beramal di BUMDes Wonopringgo

BUMDes Siap Jadi Mitra UMKM

Namun, tidak perlu ada yang dikhawatirkan dari apa yang akan dilakukan BUMDes Pringgodani tersebut. Terutama untuk warga desa yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama yang berbentuk toko kelontong. Pada prinsipnya, BUMDes didirkan bukan untuk menyaingi usaha sejenis. Justru berbagai jenis UMKM yang ada di Desa Wonopringgo akan diuntungkan dengan hadirnya kerjasama antara BUMDes Pringgodani dengan BULOG ini. Karena, BUMDes siap untuk dijadikan sebagai mitra bagi warga desa yang memiliki usaha toko kelontong.

Selain itu, Mall Desa juga akan memajang produk UMKM yang diproduksi atau dimiliki oleh warga Desa Wonopringgo. Hal ini sejalan dengan SDGs Desa, utamanya pada poin Desa tanpa kemiskinan, Inovasi dan infrastruktur desa serta poin Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa. Dengan demikian, dengan adanya Mall Desa serta Kerjasama BUMDes dengan Bulog ini, diharapkan UMKM yang sudah ada di Desa Wonopringgo akan dapat terus dan semakin berkembang. Sehingga dapat mewujudkan apa yang sudah tertuang pada SDGs desa, utamanya pada poin-poin yang telah disebutkan di atas.

UMKM Go Online. BUMDes Kerjasama dengan BUMN. Satu langkah, untuk mewujudkan banyak manfaat. Semoga dengan adanya kerjasama ini, BUMDes dapat bermitra dengan BUMN lain, atau mungkin pihak-pihak lain yang bersangkutan.

Baca Juga: BLT Desa Wonopringgo Sudah Tepat Sasaran
Baca Juga: Festival Jajan Tradisional dan Produk UMKM Desa
Baca Juga: Prestasi Desa Wonopringgo 6 Tahun Terakhir

Dokumentasi Lainnya:

TV WONOPRINGGO
Klik Untuk Menonton

FACEBOOK DESA WONOPRINGGO

INSTAGRAM DESA WONOPRINGGO

TWITTER DESA WONOPRINGGO

YOUTUBE DESA WONOPRINGGO

TIKTOK DESA WONOPRINGGO

@desawonopringgo

Kerjasama BUMDes Pringgodani dengan BUMN (PERUM BULOG)

♬ original sound – Desa Wonopringgo
Bagikan Berita
%d blogger menyukai ini: