Pemerintah Desa Wonopringgo telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa tahap 1 di GSG Pringgodani Desa Wonopringgo. BLT tersebut diserahkan langsung kepada penerima bantuan pada hari Jumat, 22 Mei 2020 silam. Penyaluran BLT Desa Wonopringgo sudah tepat sasaran. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya kericuhan atau pertikaian yang muncul setelahnya.

Slamet Haryanto selaku Kepala Desa Wonopringgo menerangkan bahwa “Kita dengan lembaga sudah mensosialisasikan, bahwa BLT Desa akan kita kasihkan pada bagian akhir. Kenapa bagian akhir? Karena BLT Desa ini tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan yang ada. Kalau sampai terjadi tumpang tindih, harus dikembalikan”.

Tahapan pembagian BLT Desa ini adalah tahapan lanjutan dari Musyawarah Desa Khusus (MUSDESus) Verifikasi Data BLT Desa yang telah dilakukan sebelumnya. Yang telah memverifikasi masyarakat terdampak Covid-19 yang belum memperoleh bantuan dari mana pun. Sehingga BLT Desa bisa menjadi tepat sasaran.

Penerapan New Normal saat Pembagian Bantuan

BLT Desa Wonopringgo Sudah Tepat Sasaran

Penyalurah BLT Desa Wonopringgo juga telah menerapkan protokol new normal. Setiap orang yang memasuki tempat pembagian bantuan, diwajibkan menggunkan masker. Lalu, sebelum memasuki GSG, diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun di air mengalir terlebih dahulu pada tempat yang telah disediakan Pemdes Wonopringgo. Kemudian dilakukan pengecekan suhu badan. Lalu di dalam ruangan, dilakukan physical distancing yaitu dengan menjaga jarak aman sekitar 1 meter antar penerima bantuan.

Baca Juga: MUSDESus Verifikasi BLT Desa

“Saya berharap, untuk kebelakang, apabila ada sesuatu yang merasa nggak puas. Lapor reng nggone deso (Kantor Kepala Desa). Karena memang, kita ada aturan. Insya Allah neng deso kalau memang ada aturan, akan diselesiakan. Jadi ora usah panik. Karena terkait dengan Covid, itu bantuan banyak yang masuk” Tambahnya.

Selain menerima BLT Desa, warga Desa Wonopringgo terdampak Covid juga mendapatkan sembako dari Provinsi, PKH, sembako dari Kabupaten, terakhir ada juga bantuan sembako berupa bahan pangan dari desa. Sehingga seluruh masyarakat merasakan bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah untuk menanggulangi dampak covid-19 ini. Baik dari pemerintah pusat, provinsi ataupun daerah.

Baca Juga: PKTD (Padat Karya Tunai Desa) untuk Cegah Covid-10 dan Stimulus Warga Desa

BLT: 600 Ribu Selama 3 Bulan

Bantuan ini, menurut rencana akan diberikan sejumlah 600 ribu rupiah kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 3 kali. Yaitu bulan Mei, Juni dan Juli. Namun, apabila ada perubahan aturan baru, setelah 3 kali pembagian bantuan, maka Pemerintah Desa Wonopringgo siap mengikuti aturan yang baru tersebut. 

Makane tolong, njenengan berkewajiban mendukung program-program pemerintah. Pemerintah minta pakai masker. Karena salah satu protokol kesehatan adalah pakai masker” Tambah Kades Wonopringgo tersebut.

Baca Juga: Prestasi Desa Wonopringgo dalam 6 Tahun Terakhir

Acara penyaluran BLT Desa Wonopringgo juga dihadiri perwakilan dari Babinsa Wonopringgo, Bhabinkamtibmas Desa Wonopringgo, juga perwakilan dari Kecamatan Wonopringgo yang dihadiri langsung oleh Camat Wonopringgo.

“Bantuan yang sejumlah 600 ribu, tolong bener-bener dimanfaatkan. Bukan untuk membeli baju baru, bukan buat beli pulsa hp. Tapi untuk ketahanan pangan. Untuk membeli sembako” Jelas Tuti Haryati, S.STP, M.Si selaku Camat Wonopringgo.

BLT Desa Wonopringgo Sudah Tepat Sasaran

“Jumlahnya 600 ribu. Ndak dikurangi. Pas ini 600 ribu”

Setelah mendengar penjelasan dan sambutan dari pihak Pemerintah Desa Wonopringgo dan Kecamatan Wonopringgo, bantuan langsung diserahkan kepada penerima bantuan secara simbolis oleh Camat Wonopringgo, Kades Wonopringgo, Babinsa Wonopringgo dan juga Bhabinkamtibmas Wonopringgo. Sejumlah 600 ribu rupiah tepat tanpa potongan apapun.

“Terimakasih kepada bapak Presiden Jokowi, Bapak Gubernur Ganjar Pranowo dan Bapak Lurah Wonopringgo yang telah memberikan bantuan sebesar 600 ribu ini dan terimakasih untuk semuanya. Dan ini akan saya pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari dalam masa pandemi corona ini” Tegas salah seorang penerima bantuan.

 “Jumlahnya 600 ribu. Ndak dikurangi. Pas ini 600 ribu” jelasnya.

Baca Juga:

Dokumentasi acara dapat disaksikan melalui:

1. TV Desa Wonopringgo

2. Youtube Desa Wonopringgo

3. Instagram Desa Wonopringgo

Lihat postingan ini di Instagram

Penyaluran BLT Desa Wonopringgi sudah tepat sasaran dan tidak ada potongan sama sekali. Selengkapnya: Wonopringgo.desa.id tv.desawonopringgo.com #SobatDesa #MulaiDariDesa #KemendesPDTT #PekalonganKab #KemalaJateng #JatengGayeng #DesaPintar #DesaMembangun #Jateng #PekalonganInfo #Pekalongan #DesaWonopringgo #Wonopringgo #BeritaPekalongan1 #PekalonganDalamBerita #MenujuIndonesiaMaju #CintaPekalongan #pekalonganrame #wartapekalongan @jokowi @halimiskandarnu @ganjar_pranowo @pekalonganinfo @pekalonganinfomusik @asipkholbihi_ @ppidkabpekalongan @dinkominfopekalongankab @beritapekalongan1 @infopekalongane @kab_pekalongan @pekalongandalamberita @cintapekalongan @wartapekalongan @ditjenpdt @kemendespdtt

Sebuah kiriman dibagikan oleh #dirumahaja Desa Wonopringgo (@desawonopringgo) pada

4. Facebook Desa Wonopringgo

https://www.facebook.com/desawonopringgo/posts/901517727029712

5. Twitter Desa Wonopringgo

6. Tiktok Desa Wonopringgo

@desawonopringgo

BLT Desa Wonopringgo sudah tepat sasaran 🙏##foryourpage ##bltdanadesa ##danadesa ##viral ##fyp ##danadesa ##bltdesa ##bltdd ##transparansianggaran ##anggaran

♬ original sound – Desa Wonopringgo
Bagikan Berita