Untuk mendukung kegiatan yang ada di Perpustakaan Desa (Perpusdes) Cerah Desa Wonopringgo, mendapatkan hibah berupa satu unit mobil operasional dari warga Desa Wonopringgo. Kemudian, mobil itu disebut sebagai Mobil Perpusdes Cerah Siaga Desa Wonopringgo. Kenapa namanya menjadi Mobil Perpusdes Cerah Siaga? Berbeda dibanding desa lain yang biasanya memiliki mobil siaga desa. Karena…

Untuk kedepan, rencananya Perpusdes Cerah akan memiliki program atau inovasi baru yaitu perpustakaan keliling. Jadi, mobil perpusdes cerah akan digunakan untuk perpustakaan keliling yang akan menyambangi taman-taman desa yang ada di Desa Wonopringgo. Jadi, selain untuk branding perpusdes cerah dan website perpusdes.com, mobil ini juga berfungsi untuk lebih mendekatkan lagi masyarakat dengan buku. Harapannya supaya minat baca di era globalisasi ini tidak terjun bebas. Supaya masyarakat tidak mudah termakan hoaks. Oleh karena itu, masyarakat dibuat agar mencintai buku serta gemar membaca.

Baca juga: Kartu Anggota Perpustakaan Pertama Berbahan PVC (Seperti KTP) di Kabupaten Pekalongan

Dinamakan Mobil Perpusdes Cerah Siaga Desa Wonopringgo

Mobil Perpusdes Cerah Siaga Desa Wonopringgo
Mobil Perpusdes Cerah Siaga Desa Wonopringgo Berkeliling ke Dusun Cempreng (Wilayah Paling Ujung) Desa Wonopringgo

Mobil yang dinamakan mobil perpusdes siaga tersebut merupakan hibah dari Bapak Tjiptohadi yang merupakan warga asli Desa Wonopringgo. Dinamakan demikian, karena selain untuk tujuan di atas, mobil tersebut dapat juga berfungsi sebagai mobil siaga desa. Berfungsi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan alat transportasi disaat darurat. Hal tersebut merupakan tujuan atau inovasi dalam bidang sosial dengan memanfaatkan adanya mobil perpusdes cerah siaga. Sehingga mobil tersebut tidak hanya digunakan untuk mobilisasi kegiatan yang ada di perpusdes cerah saja.

Hal ini sejalan dengan program yang sedang digaungkan oleh Perpustakaan Nasional melalui Perpustakaan Daerah Kabupaten Pekalongan yaitu program “Perpustakaan Berbasi Inklusi Sosial”. Jadi, kedepannya perpustakaan tidak hanya akan berkaitan dan berkutat dengan buku saja. Namun, jangkauannya akan menjadi lebih luas lagi. Sehingga peran perpustakaan akan semakin dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Selain tentunya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, Perpusdes Cerah juga akan bertranformasi menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Harapannya, kedepan layanan yang ditawarkan perpusdes cerah akan siap, serta dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat yang membutuhkan. Sehingga, layanan dari Perpusdes Cerah dapat merangkul kalangan seluas mungkin.

Mobil Perpusdes Cerah Siaga Desa Wonopringgo Berkeliling di Taman yang ada di Desa Wonopringgo
Antusiasme Warga Desa Wonopringgo Terhadap Kedatangan Mobil Perpusdes Cerah Siaga Desa Wonopringgo di Dusun Cempreng

Wonopringgo Maju,
Wonopringgo Bersatu,
Wonopringgo MANTap!,
Wonopringgo Maju, Bersatu, MANTap!

Salam MANTap!
“Menuju Wonopringgo MANTap! (Mandiri, Aman, Nyaman dan Terampil)”

Bagikan Berita
%d blogger menyukai ini: